21:14 WIB - 24 February 2018

Mobil Dinas Dipakai Mudik: KPK Melarang, Rano Karno Membolehkan

539 Dilihat Fauzi 0 respond
Johan Budi SP. Foto: harianterbit.com
Johan Budi SP. Foto: harianterbit.com

BERITATEN. COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau pegawai negeri sipil (PNS) tak memakai mobil dinas untuk mudik Lebaran ke kampung halaman. Lembaga antikorupsi menekankan, kendaraan dinas adalah properti negara yang tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

“Dulu KPK pernah imbau, sifatnya imbau, jangan sampai properti negara itu digunakan untuk kepentingan pribadi,” kata Pelaksana Tugas Pimpinan KPK Johan Budi di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, dilansir metrovtnews.com, Jumat (26/6/2015).

Namun, lanjut Johan, hal ini kembali ke kebijakan kementerian masing-masing. KPK hanya berwenang menyampaikan imbauan.

“Tapi yang pasti semangatnya itu, KPK imbau agar jangan sampai properti negara digunakan untuk kepentingan pribadi,” tegas dia.

Mantan Deputi Pencegahan KPK itu menambahkan, lembaga antirasywah juga tak bisa menerbitkan surat edaran terkait larangan menggunakan mobil dinas untuk mudik. “Biasanya kita keluarkan imbauan untuk tidak terima gratifikasi,” jelas dia.

Berbeda dengan Plt Gubernur Banten Rano Karno, pihaknya berpikir sebaliknya. Politisi PDI Perjuangan ini justru mengizinkan pejabat di lingkungan Pemprov Banten untuk menggunakan mobil dinas.

“Saya izinkan mobil dinas digunakan mudik saat Lebaran. Hanya saja BBM nya ditanggung sendiri,” kata Rano Karno kepada wartawan di Kota Serang, Jumat 26 Juni 2015.

Jika terjadi kerusakan kendaraan, kata politis PDIP ini, setiap pengguna kendaraan harus menanggung perbaikannya, termasuk untuk penggantian oli dan lainnya.

“Kalau ada kerusakan ya harus ditanggung sendiri. Intinya silahkan gunakan kendaraan dinas tapi untuk pengisian BBM, penggantian oli atau bahkan resiko kerusakan ditanggung sendiri,” ungkap Rano

Rano juga merujuk pada pernyataam Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi yang sebelumnya pernah menyatakan memperbolehkan PNS menggunakan mobil dinas sebagai alat transportasi mudik.

“Kalau memang tidak punya kendaraan, lalu menggunakan sarana angkutan umum lebih menyulitkan, dan kendaraan itu dipergunakan untuk manfaat lebih besar enggak apa-apa,” ujar dia di Bandung, Selasa 9 Juni lalu. (*)

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Ilustrasi/Net

Rano Izinkan PNS Mudik Pakai Mobil Dinas, Rusak Tanggung Sendiri

Foto: otomotifnet.com

Begini Cara Merawat Sil Sokbreker

Related posts

Komentar