22:01 WIB - 25 May 2018

Tujuh Tipe Wawancara Kerja Wajib Tahu

1046 Dilihat Rizki Pratama 0 respond
Foto: Goggle
Foto: Goggle

BERITATEN.COM - Tahapan rekrutmen kerja biasanya dimulai dengan mengirimkan berkas lamaran dan diakhiri dengan sesi wawancara kerja. Tahukah kamu, ternyata ada beberapa tipe wawancara yang dilakukan perusahaan terhadap para kandidat pegawainya.

Setiap tipe wawancara, menekankan sejumlah hal tertentu. Karena itu, kenalilah tujuh tipe wawancara ini agar mampu memberikan jawaban yang sesuai dengan maksud pertanyaan yang diajukan HRD.

1. Wawancara perilaku

Pada wawancara ini, HRD perusahaan mencoba mencari tahu kepribadian, karakter, serta soft skill yang kamu miliki. Mereka lebih berfokus pada pengalaman, perilaku, pengetahuan, kemampuan yang terkait dengan pekerjaan. Jadi berikan jawaban dengan menceritakan tentang pengalaman kerja, aktivitas serta hobimu sebelumnya.

2. Wawancara teknikal

Disini HRD akan lebih mendalami kemampuanmu sesuai deskripsi pekerjaan. Wawancara ini biasanya dilakukan oleh pegawai yang sudah menempati posisi sama sebelumnya atau yang memiliki pengetahuan di bidang yang dibutuhkan.

3. Wawacara kasus

Di sini, HRD akan mengajukan sejumlah pertanyaan mengenai sebuah kasus dan memintamu untuk memberikan solusinya. Tipe wawancara ini mencari tahu bagaimana cara seseorang memecahkan masalah dan langkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk mendapatkan solusinya.

4. Wawancara semu

Wawancara semu biasanya merupakan persiapan untuk wawancara sesungguhnya. Tipe wawancara ini biasanya dihelat agensi atau biro perekrut karyawan agar pelamar kerja terbiasa dengan suasana wawancara kerja dan siap menjalaninya.

5. Wawancara grup

Wawancara jenis ini melibatkan beberapa kandidat sekaligus. Tujuannya, mencari kandidat sesuai kualifikasi yang dicari perusahaan dengan kemampuan lebih menonjol di antara orang lain.

6. Wawancara di kampus

Perusahaan juga kerap mencari pegawainya dengan datang langsung ke kampus. Di sanalah mereka akan melakukan wawancara dan mahasiswa biasanya akan merasa lebih nyaman.

7. Wawancara telefon

Banyak juga perusahaan melakukan wawancara kerja, bahkan hingga negosiasi gaji melalui telefon. Perlakukan wawancara telefon seperti wawancara tatap muka dan tetap bersikap profesional. (okezone)

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Foto: sindo

Jasa Marga Antisipasi Puncak Arus Balik Hari Ini

komunitas-vespa

Komunitas Vespa Ngamen untuk Tebus Motor Kena Tilang

Related posts

Komentar