14:48 WIB - 20 June 2018

Plesetkan Sampurasun Menjadi ‘Campur Racun’, Habib Rizieq Di Polisikan.

380 Dilihat Adji Ramadhan 0 respond
GoogleImage
GoogleImage

BERITATEN.COM-Salah satu petinggi Front Pembela Islam (FPI) diduga telah melecehkan budaya orang sunda, Rizieq Shihab atau yang sering dipanggil Habib Rizieq dilaporkan Angkatan Muda Siliwangi (AMS) ke Polda Jabar.
Dalam laporan polisi yang bernomor LPB/967/XI/2015/Jabar atas nama pelapor Denda Alamsyah, Habib Rizieq dianggap telah menyinggung perasaan orang sunda ketika sedang mengisi acara ceramah di Purwakarta 15 November 2015 lalu.
Adapun masalah yang dilaporkan pihak AMS adalah mengenai ucapan Rizieq yang memplesetkan kalimat Sampurasun menjadi ‘Campur Racun’.
“Plesetan ‘Campur Racun’ telah melukai kultur dan kebiasaan masyarakat Sunda yang selama ini berlaku secara turun-temurun,” kata Ketua Umum Pusat Angkatan Muda Siliwangi, Noery Ispandji Firman, yang turut serta dalam aliansi ini, di Kantor Pusat AMS, di Bandung, Rabu (25/11/2015).
Dilaporkannya Habib Rizieq  atas tindak pidana melanggar UU ITE pasal 28 ayat 2 karena dianggap telah menyebarkan kebencian.


Hal serupa juga disayangkan oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.
“Habib Rizieq harus bertanggung jawab dan meminta maaf kepada seluruh masyarakat Sunda, atas ucapannya itu. Kita tahu jika Islam di tanah Sunda sangat menyatu dengan kebudayaannya” kata Dedi.

Diduga menghina warga Sunda, Habib Rizieq dipolisikan
Selain itu, Dedi juga menjelaskan tentang makna sampurasun yang memiliki makna sangat mulia. Sampurasun berasal dari kata Sampuring Insun, yang memiliki arti tentang ajakan berbuat kemuliaan dalam hidup, untuk saling memberi kasih sayang, sesuai dengan pemahaman orang sunda yaitu saling asah, asih, asuh.
“Sampurasun mempunyai makna Sampuring ingsun, yang memiliki arti sempurnakanlan diri anda. Makna itu adalah ajakan agar kita dapat berbuat kemuliaan,” lanjut Dedi.
Sebelumnya, dugaan penghinaan yang dilakukan Habib Rizieq terdapat dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube. Belum diketahui apakah video tersebut asli atau sudah diubah.(*)

Sumber.

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
demo-buruh-kspi

Gerakan Buruh Akan Pidanakan APINDO Akibat Mengorganisir Tindak Kekerasan

antarafoto-Isu-Kemiskinan-Kampanye-Parpol-310314-hm-1

Data BPS: Penduduk Miskin Bertambah 860.000 di Tahun 2015?

Related posts

Komentar