12:12 WIB - 18 February 2018

Instalasi Listrik Buruk, Gedung 4 SKPD di Cilegon Rawan Kebakaran

451 Dilihat Fauzi 0 respond
Petugas PLN dan Damkar Cilegon memeriksa sumber asap di Gedung PCM, kantor Kesbanglinmas Cilegon, Jumat 26 Juni 2015.
Petugas PLN dan Damkar Cilegon memeriksa sumber asap di Gedung PCM, kantor Kesbanglinmas Cilegon, Jumat 26 Juni 2015.

BERITATEN.COM - Gedung Cilegon Plaza Mandiri (CPM) yang saat ini ditempati 4 kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kota Cilegon memiliki instalasi listrik yang buruk dan rawan terjadinya kebakaran. Keempat SKPD yang menempati gedung ex Matahari Departemen Store itu adalah Kesbanglinmas, BKBPP, BPMKP, dan Disbudpar.

Selain itu ada kantor lain yang menggunakan itu, seperti Radio Mandiri FM, Cilegon Corporate Sosial Responsibility (CCSR), kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cilegon dan juga kantor Badan Amil Zakat dan Sodaqoh (Bazis) Kota Cilegon.

Kepala Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cilegon Habibull Alfarizi menyebutkan bahwa gedung Cilegon Plaza Mandiri dalam kondisi rawan terjadinya kebakaran. Hal ini setelah pihaknya meneyelidiki korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran kecil di lantai 4 gedung tersebut, Jumat siang 26 juni 2015.

Dikatan Habib, kondisi instalasi listrik yang buruk dan tidak pernah ada pergantian memang rawan terjadinya korsleting yang dapat menimbulkan kebakaran di gedung eks Matahari departemen Store tersebut.

“Kondisi saluran instalasi listrik yang tidak terawat dan sudah tua memang perlu ada penanganan khusus. Efektifnya perbaikan instalasi listrik dilakukan pergantian pada usia 15 tahun, serta perawatan yang rutin,” kata Habib.

Minimnya ketersediaan apar (alat pemadan kebakaran mini) di setiap gedung juga harus mencukupi di masing-masing perkantoran. Jika belum memiliki apar sebaiknya segera melakukan pengadaan penyediaan alat tersebut.

“Kepanikan para penghuni gedung saat terjadinya kebakaran juga perlu kami evaluasi. Segera mengadakan sosialisasikan bagaimana cara evakuasi saat terjadinya kebakaran,” kata Habib.

Baca Juga: Panik, Pegawai Sejumlah SKPD Cilegon di CPM Berhamburan Keluar Gedung

Kepala Kesabanglinmas Cilegon Suparman mengatakan, gedung CPM yang digunakan sebagai perkantoran 6 SKPD Pemkot Cilegon tersebut kondisi keberadaan jalan keluar darurat (exit emergency) kondisinya tidak berfungsi.

“Keberadaan jalan keluar darurat saat terjadinya kebakaran juga kondisinya buruk tanpa ada perawatan. Saya tidak tahu ini jalan keluarnya sampai basmen berfungsi atau tidak,” kata Suparman saat menunjukan jalan darurat kepada sejumlah awak media.

Keberadaan jalan keluar darurat yang seharusnya berfungsi untuk jalur evakuasi penghuni gedung tersebut kondisinya gelap tanpa lampu penerangan, dan terdapat banyak sampah dengan bau busuk yang cukup menyengat. (*)

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Foto: ilustrasi/net

Ini 17 Jenis Lowongan Kerja PT KS Tahun 2015

Ilustrasi/net

Kejebak! Mucikari di Kota Serang Tawarkan PSK ke Polisi

Related posts

Komentar