22:02 WIB - 25 May 2018

Imbas Arus Mudik Lebaran 2015

629 Dilihat Rizki Pratama 0 respond
Foto: Internet
Foto: Internet

BERITATEN.COM- segera datang, kepadatan di jalan bakal mewarnai tradisi tersebut. Untuk solusinya Kapolri Jenderal Badrodin Haiti segera menyalurkan instruksi pada jajaran Polda Jawa Tengah agar lebih siap menjalankan tugas dalam rangka mengamankan arus mudik Lebaran 1436 sebab diprediksi kepadatan bakal pindah dari Jawa Barat ke Jateng.

Perpindahan titik macet itu, kata Kapolri, disebabkan oleh dampak operasional Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Dengan demikian, pengguna jalan bakal lewat ke arah timur dapat masih memiliki jalur tol dari Merak, Banten, sampai Pejagan, Jawa Tengah. Dioperasikannya Tol Cipali yang mempunyai panjang 116,7 km diperhitungkan pula bakal mengurangi kepadatan sampai 40% dari jalur pantura, Jabar. Tetapi, keapadatan bakali muncul di Jateng, lebih tepatnya pada pintu keluar Tol Pejagan. “telah kami himbau ke Kapolda Jawa Tengah agar memperkuat jalan-jalan tersebut untuk memberi pelayanan terhadap masyarakat,” tutur Kapolri.

Pernyataan tersebut diamini oleh Wakapolda Jateng Brigjen Musyafak. “Nanti ampun-ampun (kepadatan) bermigrasi ke Jawa Tengah. Tol Cipali lancar, terus ke Palimanan-Kanci serta Kanci-Pejagan. Di sinilah persoalan datang.” Menurutnya, para pemudik yang datang dari Tol Kanci-Pejagan cuma memiliki satu akses keluar, yaitu di Pejagan yang tak dibangun untuk ledakan volume kendaraan seperti saat mudik.”sesudah keluar di Tol Pejagan ada sebuah pelintasan kereta api yang intensitasnya cukup tinggi. Kereta melintas sekitar 7 menit sekali. Dikhawatirkan, bakal terjadi penumpukan kendaraan.”

Dalam mengantisipasi kepadatan mudik Lebaran 1436 yang bakal bermigrasi ke jawa tengah tersebut, Musyafak mengatakan bahwa beberapa cara telah disiapkan. Salah satunya dengan mengoptimalkan Tol Pejagan-Pemalang walaupun tol tersebut masih darurat. Dirlantas Polda Jateng Kombes Benyamin menyatakan mulai H-7 kendaraan kecil dari barat bakal diarahkan ke tol yang sedang pada tahap pembangunan tersebut serta bakal keluar di gerban Banjaranyar, Brebes, sepanjang 20 km.

“Ruas tol darurat tersebut bakal dioperasikan satu arah dari barat. selanjutnya bakal dilakukan aturan yang sama ketka arus balik. Pengguna jalan dihimbau harus hati-hati disebabkan tol tersebut sesungguhnya belum jadi, masih berdebu, bahkan masih terdapat sejumlah bidang tanah yang belum dibebaskan,” kata Musyafak. (aktudas)

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
POSCO-DEBU

Ini Kata Krakatau Posco Terkait Debu Besi yang Hujani Pemukiman

Foto: sindo

Eks Napi Tidak Elok Dicalonkan dalam Pilkada

Related posts

Komentar