12:15 WIB - 18 February 2018

Ilmuwan Ungkap Percobaan Kimia pada Manusia di Korut

555 Dilihat Rizki Pratama 0 respond
Ilustrasi
Ilustrasi

BERITATEN.COM - Seorang ilmuwan Korea Utara (Korut) yang membelot ke Finlandia berencana membeberkan data-data dan informasi mengenai percobaan terhadap manusia yang dilakukan oleh negara pimpinan Kim Jong-un itu.

Seorang sumber kelompok pengamat Hak Asasi Manusia (HAM) Korut melaporkan Ilmuwan itu melarikan diri dari sebuah lembaga penelitian di perbatasan China pada 6 Juni lalu.

“Alasan kenapa dia membelot adalah karena dia merasa skeptis mengenai penelitian yang dilakukannya,” demikian kata sumber tersebut, sebagaimana dilansir Independent, Minggu (5/7/2015).

Ilmuwan berusia 47 tahun itu mengungkapkan bahwa dia membawa data-data sebesar 15 gigabyte yang berisi informasi mengenai percobaan senjata kimia yang dilakukan terhadap manusia di laboratorium tempatnya bekerja. Informasi ini rencananya akan diumumkan kepada parlemen Eropa pada Juli 2015 ini.

Direktur kelompok pengamat HAM di Korut (HRNK), Greg Scarlatorium mengatakan bahwa klaim yang diutarakan ilmuwan yang dipanggil Lee itu cukup meyakinkan.

Greg mengungkapkan bahwa dirinya telah mendengar cerita-cerita serupa mengenai percobaan terhadap manusia yang dilakukan di penjara. Dia menambahkan informasi yang dimiliki Lee mungkin akan memberikan bukti baru kepemilikan senjata kimia oleh Korut.

Korut secara resmi menyatakan tidak memiliki senjata kimia. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan Institut Amerika Serikat – Korea Selatan menyebutkan negara itu memproduksi 20 jenis bahan kimia yang digunakan untuk pembuatan senjata.

Diduga Korut membuat sekira 4.500 ton bahan kimia untuk keperluan senjata pada masa damai dan 12 ribu ton pada masa perang.

Sebelumnya, pada Desember 2014, seorang mantan perwira pasukan khusus Korut yang membelot telah mengungkapkan rezim di negara itu telah melakukan uji coba senjata kimia dan biologis pada penderita cacat, baik orang dewasa maupun anak-anak. (okezone)

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Foto: Okezone

Kebakaran di Bandara Soekarno-Hatta, 27 Penerbangan Garuda Delay

Foto: Otomotif

5 Hal Harus Diwaspadai saat Melaju di Tol Cipali

Related posts

Komentar