14:50 WIB - 20 June 2018

12,5% Dari 7,56 Juta Pengangguran Di Indonesia Adalah Lulusan SMK?

345 Dilihat Angga Wijaya 0 respond
menakertrans

BERITATEN- Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 12,5% pengangguran saat ini adalah lulusan SMK. Hal ini disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Hanif Dhakiri. Menurut Hanif ada dua kemungkinan yang menyebabkanhal ini terjadi, pertama ketersediaan lapangan kerja dan kedua kompetensi kejuruan yang dimiliki lulusan SMK belum cocok dengan lapangan kerja yang tersedia.

Dilansir dari laman detik.com, Hanif mengatakan bahwa secara keseluruhan kalau dilihat dari profil pengangguran saat ini dikarenakan pendidikan masih relatif rendah,” kata Hanif.

“Menganggurnya ini ada dua kemungkinan, kompetensi belum cocok dengan industri atau kemampuan dia (lulusan SMK) yang tidak pas. Jadi satunya terkait lapangan kerja (ketersediaan), satunya terkait dengan ketidaknyambungan antara keahlian dan lapangan kerjanya. Intinya ke depan kompetensi harus digenjot,” jelas Hanif.

Untuk menekan angka pengangguran yang semakin tinggi dikalangan lulusan SMK, Mentri Hanif memberikan perhatian khusus, apalagi pemerintah terus mensosialisasikan potensi yang dimiliki lulusan SMK ini.

“Itu artinya harus menjadi perhatian kita semua. Semua itu pemerintah, dunia usaha, masyarakat pada umumnya untuk memastikan kompetensi mereka. Nah, kompetensi ini menjadi orientasi dasar pengembangan tenaga kerja kita,” tegas Hanif.

“Pemerintah sudah mempunyai fasilitas BLK untuk mendorong agar angkatan kerja yang belum bekerja agar bisa meningkatkan kemampuan dan kompetensi untuk industri atau wirausaha mandiri,” imbuhnya.

Saat ini saja BPS mencatat bahwa 6,4% dari total pengangguran merupakan lulusan Universitas dan 7,54% lulusan diploma. Untuk pendidikan SD tercatat 2,74%, SMP 6,22%, SMA 10,32%, dan tertinggi lulusan SMK yaitu 12,65% dari jumlah keseluruhan 7,56 juta pengangguran.(*)

Penulis
Adji Ramadhan

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
militer rusia

Kekuatan Rusia Bertambah?

foto : Angga Wijaya

PB PII RAIH JUARA 2 LOMBA ORGANIISASI PELAJAR BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

Related posts

Komentar