21:05 WIB - 22 May 2018

Pulau Peucang Menakjubkan, Jalur Daratnya Memprihatinkan

676 Dilihat Fauzi 0 respond
pulau-peucang3

BERITATEN.COM - Pecinta traveling tanah air bahkan mancanegara pasti pernah mendengar nama Pulau Peucang. Sebuah pulau kecil yang berada di ujung paling barat Pulau Jawa, tepatnya di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Pulau yang beradpulau-peucanga di area Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) itu indah dan menakjubkan. Karena dalam wilayah Taman Nasional Ujung Kulon,Pulau Peucang juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, bersama dengan Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum.

Bagi Anda yang berkunjung ke pulau ini akan dihiasi dengan pemandangan yang sangat jauh berbeda dengan lokasi lainnya. Di Pulau ini dapat dijumpai berbagai satwa seperti Rusa, babi hutan, biyawak, merak hijau, monyet dan lutung yang Anda bisa berfoto dengan latar belakang hewan tersebut.

Pantai pulau ini teramat indah dengan hamparan pasir putih dengan laut hijau muda kebiru-biruan. Warna biru lautnya sangat ideal untuk kegiatan berenang, menyelam, memancing, atau snorkeling.
Hutan Pulau Peucang merupakan salah satu ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah. Flora di kawasan ini di antaranya merbau (Intsia bijuga), palahlar (Dipterocarpus haseltii), bungur (Lagerstroemia speciosa), cerlang (Pterospermum diversifolium), dan ki hujan (Engelhardia serrata).

Selain itu juga ada pohon Ficus atau ara pencekik, tumbuhan parasit yang melilit pohon lain untuk hidup. Biasanya pohon inangnya akan mati jika aranya menjadi dewasa.

Tak perlu khawatir, di Pulau Peucang juga ada cottage dan restoran yang bisa membantu kebutuhan menginap dan makan Anda.

pulau-peucang2Untuk berkunjung ke Pulau Peucang atau pulau lain di sekitarnya, seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Panaitan, wisatawan biasanya diarahkan bertolak menggunakan perahu motor dari kota Kecamatan Sumur atau Taman Jaya yang jarak tempuhnya membutuhkan waktu 2 jam dari Sumur.

Naik perahu motor dari Sumur membutuhkan waktu perjalanan laut lebih lama, yakni mencapai 4 jam baru tiba di Pulau Peucang. Sedangkan dari Desa Taman Jaya hanya sekitar 2 jam. Hanya saja, butuh waktu lebih dari dua jam perjalanan dari Sumur ke Taman Jaya sekira 14 kilometer dengan kondisi jalan rusak parah dan memprihatinkan.

Bagi wisatawan yang ingin ke Pulau Pecang dari arah Jakarta bisa memilih jalur Kota Cilegon atau jalur Serang-Pandeglang menuju Kecamatan Sumur.

Dari Jakarta, menuju Cilegon, Anyer, Carita, Labuan, Panimbang, Cibaliung, Sumur. Atau jalur Jakarta, Serang, Pandeglang, Menes, Torogong, Panimbang, Cibaliung, Sumur.

Melihat dari wisata di Pulau Peucang yang cukup eksotis tentu membutuhkan keseriusan pemerintah daerah dalam membenahi infrastruktur transportasi jalur daratnya agar wisatawan menjadi lebih merasakan kenyamanan.

pulau-peucang1Terkait infrastruktur tersebut, dilansir kabarduasatu.com, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten M. Yanuar mengakui pentingnya infrastruktur transportasi menuju Pulau Peucang. Tol Serang – Panimbang bakal jadi kunci kemudahan akses jalan darat ke lokasi wisata ini.

Selain jalan tol tersebut ada pula ruas jalan nontol yang berperan penting, yakni Sumur – Taman Jaya, di Kabupaten Pandeglang.

“Kami dalam proses perbaiki infrastruktur jalan dari Sumur sampai Taman Jaya itu sekitar 14 kilometer,” katanya.

Jalan rusak sepanjang sekitar 23 kilometer itu akhirnya diambil alih Pemerintah Provinsi Banten dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Dengan begini diharapkan proses perbaikannya dapat lebih gesit. Ruas ini penting khususnya untuk menuju wisata Taman Nasional Ujung Kulon termasuk Peucang.

Jika apa yang dikemukakan kepala Bappeda Banten itu benar-benar dilaksanakan, maka pengunjung PUlau Peucang dimungkinkan lebih banyak. Semoga! (*)

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Foto: Okezone

Hedi Yunus Sukses Gelar Intimate Concert

Menurunkan-Nafsu-Makan

Tiga Cara Mengurangi Nafsu Makan

Related posts

Komentar