21:47 WIB - 25 May 2018

Marak Kasus Anak, LPA Banten Ingatkan Anak Peniru Unggul

508 Dilihat Fauzi 0 respond
Ketua LPA Banten Iip Safruddin (kiri) berfoto bersama anggota Forum Anak Banten. Foto: Istimewa
Ketua LPA Banten Iip Safruddin (kiri) berfoto bersama anggota Forum Anak Banten. Foto: Istimewa

BERITATEN.COM - Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Banten Iip Safruddin mengingatkan bahwa anak adalah seorang peniru yang unggul. Dia akan belajar dan mempelajari dengan cepat apa-apa saja yang dilihatnya, untuk kemudian akan mencoba melakukannya.

Dengan demikian, iip mengingatkan kepada para orangtua untuk memerhatikan tayangan televisi tidak baik yang bisa ditiru anak-anak dengan cepat.

“Maraknya tayangan-tayangan yang tidak baik beberapa waktu lalu, yang ditampilkan pada saat acara perpisahan di sekolah, atau audiovisual penuh unsur pornografi lainnya yang ditangkap oleh indera anak. Dampak yang paling membahayakannya adalah dampak negatif pada anak, yang masih belum benar-benar bisa membedakan baik-buruknya. Terlebih anak dalam masa tumbuh-kembang. Dalam masa ini, anak biasanya mempunyai kecendrungan merekam dan meniru apa yang dia lihat,” ujar Iip melalui akun media sosial, Kamis 25 Juni 2015.

Iip juga mengungkapkan bahwa data yang ada di LPA hingga periode April 2015, ada 347 laporan anak, dimana 147 di antaranya adalah kasus kekerasan dari dan terhadap anak.  Sebanyak 53 persennya dari 147 data tersebut adalah kasus kekerasan seksual pencabulan anak. Dan 30 persennya adalah anak sebagai pelaku kekerasan fisik, psikis, dan seksual.

“Faktor-faktor anak sebagai pelaku kekerasan adalah dari tontonan, ajakan teman (ikut serta karena pertemanan), ditambah karena lepas kontrol dari orangtua wali.
Untuk itu, saya mengajak kepada sahabat-sahabat untuk bisa menjaga dan mengarahkan anak-anak kita, anak-anak biologis kita, anak-anak di sekitar kita, untuk bisa mendapatkan salah satu haknya, yaitu terhindar dari informasi yang tidak layak untuk anak.”

Selain itu, beri pengertian kepada anak, ketika mereka sedang menonton atau membaca media. Alihkan perhatian mereka secepatnya, jika ada tontonan/bacaan yang dipandang tidak layak untuk anak. (*)

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Ineternet

Smartphone Musik LG Band Play Resmi Diperkenalkan

green-canyon

Serunya Wisata dan Body Rafting di Green Canyon

Related posts

Komentar