12:18 WIB - 18 February 2018

Lezatnya Leumeung Asal Pandeglang Banten

520 Dilihat Fauzi 0 respond
Foto: budayaindonesia.org
Foto: budayaindonesia.org

BERITATEN. COM - Bagi sebagian besar masyarakat Pandeglang, Leumeung sudah tak asing lagi. Soalnya, leumeung menjadi panganan pavorit masyarakat karena rasanya yang enak dan punya nilai gizi yang juga baik.

Leumeung adalah makanan yang unik, dibuat dari bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan santan dan ditaburi kacang. Cara memasak leumeung cukup unik, karena bahan-bahannya dimasak didalam bambu dengan cara dibakar. Tidak semua orang bisa membuat leumeung.

Proses pembakaran leumeung membutuhkan waktu 5-8 jam dan rumit. Di daerah asal makanan ini saja yakni Kecamatan Bojong hanya beberapa orang saja yang masih ada. Namun sungguh sayang para regenerasi muda mayoritas acuh akan makanan tradisional ini.

Salah seorang perajin leumeung Uminah yang berdomisli Kampung Warungkupa, Desa Bojong, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, mengatakan, kehaliannya ini sudah mendapatkan penghargaan dari UPPKS dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang. Uminah sudah hampir 20 tahun menggeluti usaha ini, dan sudah turun menurut. Uminah sendiri keturunan ke-4 dari keluarga besarnya. “Pembuat leumeung sudah sangat jarang. Makanya saya sering diminta pemerintah dalam pameran pangan lokal,” katanya.

Saat bulan puasa seperti sekarang ini, leumeung juga menjadi salah satu panganan yang banyak dicari karena cocok untuk takjil. Memakan satu kerat leumeung saja saat berbuka dijamin sudah mangseg (kenyang).  (*)

 

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Foto: 959thehawk

Awas! Tiket Palsu Konser Bon Jovi Beredar

Foto: Ilustrasi (clear.co.id)

Tisu Basah Musuh Terbesar Lingkungan, Ini Alasannya

Related posts

Komentar