21:20 WIB - 24 February 2018

Ini Cara Bedakan Kuas dari Bulu Babi atau Bukan

242 Dilihat Angga Wijaya 0 respond
kuas dari bulu babi

BeriaTen- Berkembangnya industri dan teknologi tentu bersamaan dengan berkembangnya inovasi-iovasi dari berbagai produk industri. Meski bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dan mengurangi biaya produksi, terkadang inovasi-inovasi ini menggunakan bahan-bahan atau cara-cara yang tidak islami. sebut saja sering kali ditemukan banyak produk makanan yang menggunakan lemak babi yang dinilai biaya produksinya lebih murah. Walaupun nampaknya hal kecil, namun bagi ummat Muslim tentu ditemukannya bahan-bahan haram dalam produk merupakan hal yang harus dijauhi.

Bukan hanya produk makanan, banyak juga produk lain yang menggunakan bahan-bahan haram. Salah satunya kuas. Kuas adalah salah satu alat pengolahan yang banyak digunakan saat membuat olahanpastry dan bakery. Seperti dilansir dari Okezone.com, bahwa ada jenis kuas yang berasal dari bulu binatang contohnya bulu babi.

Melda Chaidar selaku Head of Operation Kampoeng Bakery Indonesia mengatakan kuas berbahan bulu kemungkinan terbuat dari dua bahan yakni plastik atau bulu binatang.

“Kuas yang bulu biasanya berbahan plastik atau bulu binatang. Nah kalau bulu binatang biasa yang dimanfaatkan bulu babi. Tentu ini harus jadi perhatian utama, terlebih bagi kita yang Muslim,” kata perempuan ramah yang akrab disapa Melda ini saat ditemui di Bandung.

Melda melanjutkan, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetes bahan baku pembuatan kuas bulu ini yakni dengan cara dibakar. “Cara bedainnya dibakar. Kalau dia meleleh dan tidak bau berarti itu plastik, kalau terbakar dan berbau khas bulu binatang itu tandanya ya bulu binatang,” jelas Melda.

Jika masih ragu untuk menggunakan kuas bulu, alternatifnya adalah dengan memanfaatkan kuas berbahan silikon. “Supaya aman dan lebih terjamin, pakai yang silikon,” kata Melda yang juga menerapkan pada produk bakery olahannya yang mengusung jaminan produk halal.

 

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
prev-next.jpg

Mahasiswa ITS Ciptakan Alat Pembuang Sampah Otomatis di Sungai

dr. fidiansyah

Dr. Fidiansyah Sebut LGBT Salah Satu Gangguan Jiwa

Related posts

Komentar