12:07 WIB - 18 February 2018

Kenalilah 12 Gejala-Gejala Penyebab Kanker Payudara

330 Dilihat Adji Ramadhan 0 respond
Ilustrasi (GoogleImage)
Ilustrasi (GoogleImage)

BERITATEN.COM - Pada wanita khususnya, payudara adalah salah satu organ paling pribadi. Penting artinya memeriksa kondisi payudara secara berkala. Benjolan, penebalan, dan perubahan warna kulit menjadi kemerahan patut diwaspadai sebagai indikasi kanker. Rasa gatal, kulit mengelupas, atau ruam di payudara selama berminggu-minggu juga perlu diwaspadai. Perubahan lain pada kulit payudara, seperti bengkak, kulit tertarik ke dalam, atau mengerut, juga harus dicurigai sebagai gejala akan terjadinya kanker.

Kanker payudara adalah jenis lain dari kanker yang terjadi pada jaringan sel payudara. Ketika sel abnormal membagi dan tidak terkontrol, mereka dapat menjadi besar dengan membentuk jaringan ekstra, atau tumor, yang dapat menjadi jinak atau ganas. Sel tumor jinak tidak menyebar ke jaringan tubuh yang lain, biasanya dapat diangkat dan tidak akan timbul kembali.

Kurangnya pemahaman masyarakat Indonesia akan gejala dan risiko kanker payudara menyebabkan kebanyakan pasien datang sudah memasuki stadium lanjut. Pembicaraan seputar kanker payudara juga masih dianggap tabu dan dihindari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Akibatnya, kanker payudara menjadi momok menakutkan yang mengintai.

Di sisi lain, deteksi dini adalah kunci penanganan kanker payudara agar peluang keberhasilan terapi dan kemungkinan bertahan hidup dapat meningkat. Karena sekitar 93-100 persen pasien kanker payudara yang terdeteksi pada stadium 1 dan 2 dapat melakukan terapi tepat sesuai standar medis dan dapat bertahan hidup setidaknya selama lima tahun.

Sel tumor ganas (kanker) dapat menyebar ke jaringan tubuh yang terdekat dan melepaskan diri dari bentuk tumor primer menjadi bentuk tumor sekunder dimanapun di bagian tubuh.

Berikut adalah ciri-ciri gejala dari kanker payudara seperti dikutip dari laman Liputan6.com, Selasa, 22 Desember 2015.

1. Kulit payudara mengeras

2. Terdapat cekungan seperti lesung pipi

3. Kulit payudara mengelupas

4. Tumbuh pembuluh darah pada payudara

5. Tumbuh gumpalan seperti daging

6. Kulit payudara kemerahan

7. Puting mengeluarkan cairan

8. Puting masuk

9. Kulit payudara mengerut seperti kulit jeruk

10. Terdapat benjolan

11. Kulit payudara berlekuk

12. Payudara berubah bentuk  (*)

 

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Ilustrasi (GoogleImage)

Inilah Trik Tutupi Jerawat Di Wajah

bibir-merah

Inilah Penyebab Bibir Hitam Dan Pucat

Related posts

Komentar