04:44 WIB - 23 May 2018

Jangan Mudah Merujuk ke RSUD, Puskesmas Harus Siap Tangani 115 Jenis Penyakit

489 Dilihat Fauzi 0 respond
Sekretaris Dinkes Kabupaten Pandeglang, Banten Didi Mulyadi
Sekretaris Dinkes Kabupaten Pandeglang, Banten Didi Mulyadi

BERITATEN.COM - Sekertsris Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Didi Mulyadi mengajak seluruh jajaran kesehatan di tingkat kecamatan atau Puskesmas di wilayah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap pasien.

Kata Didi sedikitnya ada 115 jenis penyakit yang harus bisa didiagnosa Puskesmas sebagaimana diisyaratkan dalam pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Jadi Puskesmas dituntut meningkatkan pelayanannya, karena hal ini sekaligus akan menurunkan angka rujukan ke rumah sakit,” ujar mantan Kepala Puskesmas Menes ini, Kamis 25 Juni 2015.

Dia menginginkan, perawat atau dokter yang ada di pusat kesehatan masyarakat untuk tidak mudah melakukan rujukan terhadap pasien Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke RSUD Pandeglang, sepanjang menjadi kewenangan Puskesmas dan masih bisa ditangani oleh puskesmas.

“Puskesmas dalam mendiagnosa 155 penyakit yang menjadi kewenangannya itu harus dapat melaksanakan secara cepat dan tepat sebagaimana mestinya pelayanan primer dan tidak harus merujuk ke RSUD. Kalau memang penyakitnya masih bisa ditangani oleh Puskesmas ya harus bisa,” katanya.

Ia mengakui, sejauh ini masih banyak kasus rujukan ke rumah sakit terhadap penyakit yang seharusnya dapat dituntaskan di Puskesmas. “Ini menjadi PR kami bagaimana agar semua Puskesmas dapat melaksanakan diagnosis dan menatalaksana penyakit dengan tuntas,” katanya. (BPO)

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Foto: Youtube

Isyana Sarasvati Rilis Video Klip Lagu Kedua

ilustrasi

Sering Sakit Kepala, Waspada Gejala Stroke

Related posts

Komentar