03:14 WIB - 23 May 2018

Inilah 6 Jenis-Jenis Migrain

368 Dilihat Adji Ramadhan 0 respond
Jangan-Samakan-Sakit-Kepala-Sinusitis-dan-Migrain-alodokter

BERITATEN.COM - Migrain atau sering juga disebut sakit kepala atau pusing sebelah adalah nyeri kepala berdenyut yang kerapkali disertai mual, muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedua sisi kepala sekaligus.

Migrain kadang kala agak sulit dibedakan dengan sakit kepala jenis lain. Sakit kepala akibat gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher mempunyai gejala yang hampir sama dengan gejala migrain. Migrain dapat timbul bersama penyakit lain misalnya asma dan depresi. Penyakit yang sangat berat, misalnya tumor atau infeksi, dapat juga menimbulkan gejala yang mirip migrain. Namun kejadian ini sangat jarang.

Berikut ini enam jenis migrain yang berujung fatal, apabila tak segera ditangani oleh dokter yang dikutip dari Everydayhealth, Rabu, 23 Desember 2015.

Hemiplegia migrain

Ditandai dengan kelumpuhan sementara pada satu sisi tubuh atau dikenal dengan hemiplegia. Bukan hanya itu, ada pula tanda gangguan penglihatan dan vertigo yang cukup menyakitkan.

Ophthalmologic migrain

Nyeri ophthalmologic migrain biasanya terlokalisir di sekitar mata, terutama sedikit menyerang area kelopak mata. Jadi bila Anda tiba-tiba migrain dan nyeri di bagian mata, waspadalah dengan masalah migrain jenis ini.

Migrain arteri basilar

Masalah ini terjadi pada sebagian besar wanita remaja dan dewasa. Migrain arteri basilar merupakan hasil dari kejang di area pembuluh darah besar, di dasar otak.

Gejalanya bisa berupa vertigo, gangguan penglihatan, koordinasi motorik yang buruk, kesulitan berbicara atau mendengar, dan gangguan kesadaran.

Sakit kepala jinak

Ini merupakan sebuah masalah sakit kepala vaskular yang dipicu oleh aktivitas fisik, seperti berlari, membungkuk dan mengangkat beban. Tapi biasanya sakit kepala jinak jarang berlangsung lebih dari beberapa menit.

Status migrainosus

Status migrainosus merupakan sebuah tipe sakit kepala yang jarang dialami banyak orang. Awalnya gejala ringan hanya nyeri dan mual. Apabila tidak segera diobati akan mengakibatkan kondisi yang fatal, hingga pasien dilarikan ke rumah sakit.

Migrain bebas

Kondisi ini tak hanya ditandai dengan gejala migrain yang bukan sakit kepala. Tapi si penderita hanya mengalami gangguan penglihatan, mual, dan muntah. Juga disertai dengan rasa sembelit atau diare. (*)

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
bibir-merah

Inilah Penyebab Bibir Hitam Dan Pucat

Ilustrasi (foto : Google Image)

Gangguan Kesehatan Bisa Diketahui Lewat Kaki, Benarkah?

Related posts

Komentar