22:40 WIB - 20 May 2018

Mendidik Anak, Orang Tua Harus Tahu Kuncinya

354 Dilihat Azis Juniyanto 0 respond
mendidik anak

BeritaTen – Anak ibarat pintu ruangan yang terkunci, tidak akan terbuka bila bukan dengan kuncinya. Karena itulah para orang tua harus memiliki kunci yang tepat dalam mendidik anaknya.
Sering kita sebagai orangtua berusaha membuka pintu dengan kunci yang berbeda, memaksa, dan akhirnya karena tidak menemukan jalan lain pintu didobrak hingga menyebabkan rusak. Jadilah pintu tidak berfungsi pada semestinya.

 

Begitulah yang terjadi, kebanyakan orangtua memaksakan pola pikirnya untuk diturunkan kepada anak, padahal ia lupa bahwa pola pikir itu ia dapat dari zaman yang berbeda dengan zaman anaknya.

 

Memaksakan kehendak diri, berusaha bagaimana agar dirinya agar selalu didengar, tetapi tidak pernah mencoba menjadi pendengar. Baginya anak hanyalah anak-anak yang harus tunduk patuh kepada yang lebih tua, ketika anak mencoba bersuara, justru dianggapnya pembangkang, padahal pada setiap jiwa itu memiliki hak.

 

Jika orangtua merasa dirinya berhak untuk didengar oleh anaknya, maka begitu pula anak seharusnya. Jiwa mereka tidaklah jauh berbeda dengan jiwa orangtua, ketika mereka siap menjadi pendengar, merekapun juga siap untuk didengar.

 

Kesombongan kita sebagai orangtua yang tidak mau menurunkan ego dihadapan anak, hanya karena merasa diri lebih tua suara-suara tulus anak dianggapnya menjatuhkan haraga dirinya.

 

Manusia tidak luput dari salah dan lupa, orangtua tidak selalu benar begitupun anak tidak selalu salah. Saling menghargai hak masing-masing. Anak memberikan hak-hak orangtua, sebaliknnya, orangtua mengenali hak-hak anaknya.

 

Hak anak adalah diberikan pendidikan yang sesuai dengan zamannya, memberikan ia ruang untuk mengekspresikan nilai-nilai kebaikan yang dikaruniakan Allah swt untuk dirinya. Sebuah cara mensyukuri nikmat ialah dengan memanfaatkan kelebihan atau bakat yang dimilki di jalan yang haq.

 

Karenanya, benar apa yang dikatakan dalam sebuah ungkapan, “Ada masa dimana zaman itu tidak sama dengan hari ini, oleh sebab itu didiklah anak sesuai dengan zamannya.” Sebuah ungkapan yang perlu mendapat perenuangan mendalam bagi para orangtua, namun tentunya pendidikan itu harus sejalan dengan nilai-nilai yang diajarkan baginda Rasul, sang suri tauladan.

 

Ada sebuah ungkapan menarik yang saya dapat dalam sebuah film bertajuk parenting, “Dalam diri anak terdapat dua sisi, sisi gelap dan sisi terang. Carilah sisi terang dan semua yang baik akan muncul.”

 

Orangtua yang hanya sibuk menggali sisi gelap anak, mempertajam, menyoroti kekurangan-kekurangan anak, maka sisi gelap itu akan semakin menyebar dan mencolok lalu sisi terangnya akan meredup dan perlahan akan menghilang. Jadilah apa yang terjadi, timbul perkataan “seorang anak yang terlahir tanpa bakat” padahal tanpa sadar orangtua sendirilah yang menenggelamkan bakat tersebut.

 

Tetapi sebaliknya, jika orangtua berfokus kepada sisi terang anak, menggali terus dan terus potensi-potensi dalam diri anak maka suatu yang terang itu akan semakin bersinar.

Sumber

 

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
bayi-kembar-siam-ilustrasi-_140509104315-433

Lahir Kembar,Tapi kok Beda?!

Ilustrasi/Republika

Rahim Buatan untuk Bayi Prematur Ditemukan

Related posts

Komentar