04:36 WIB - 23 May 2018

Bos Tahu Berformalin Ditahan, Sehari Produksi 24.000

324 Dilihat Riko Budi Santoso 0 respond
Ilustrasi
Ilustrasi

BERITATEN.COM - Satreskrim Polres Cilegon menahan pria berinisial AR (55), pengusaha tahu yang ada di Asoka, Kabupaten tangerang. Penangkapan tersebut merupakan pengembangan dari hasil pengamanan sopir, kernet dan satu buah truk yang digunakan untuk mengangkut tahu mengandung bahan formalin saat melakukan pengiriman barang ke Pasar Kranggot, Kota Cilegon, Minggu dini hari 21 Juni 2015.

“Hasil kerjasama dengan Disperindagkop dan Dinkes Cilegon, kami berhasil mengungkap pemasok tahu yang mengandung bahan formalin. Hari Minggu lalu, kami amankan sebuah mobil yang digunakan sebagai pengangkut tahu tersebut,” ujar Kompol Tri Panungko, Wakapolres Cilegon, saat menggelar ekspose di Mapolres Cilegon, Selasa 23 Juni 2015.

Selain itu, kata Tri, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa zat zat kimia yang diduga mengandung bahan formalin yang disimpan dalam beberapa jeriken besar.

Kepada AR, polisi menjerat dengan pasal 135 Junto 136 huruf B undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pangan. Serendah-rendah hukumannya adalah 5 tahun penjara.

Sementara itu AR mengaku sudah tiga tahun menekuni bsinis tahu, namun baru beberapa hari ini ia mencampurkan bahan tahu dengan formalin. Ia beralasan agar tahu yang dibuatnya tidak gampang busuk. “Saya sudah 3 tahun membuat tahu, tetapi baru sebelas hari lalu menggunakan bahan-bahan tambahan itu (formalin).” ujar AR seraya mengakui bahwa dalam sehari ia berhasil membuat hingga 24 ribu tahu berformalin.

“Saya kirim 30 boks setiap hari. Sehari saya bisa membuat sebanyak 24 ribu tahu. Saya kirim tahu saya ke pasar di Cilegon, Cikande dan lain-lain,” ujar AR. (*)

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Ilustrasi. Foto: Ciricara.com

Pemerintah Izinkan Warga Asing Miliki Apartemen di Indonesia

Kapolda Banten Boy Rafli Amar

Boy Rafli Ingatkan Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran

Related posts

Komentar