04:39 WIB - 23 May 2018

17 Cara Memulai Usaha Dari Pengusaha Sukses

540 Dilihat Rizki Pratama 0 respond
Ilustrasi
Ilustrasi

BERITATEN.COM - Untuk meraih sukses terkadang seseorang perlu belajar dari orang yang lebih dulu mencapainya. Kalau berhasil mendapatkan mentor yang tepat, seorang entrepreneur pasti merasa seperti mendapat berkat melimpah.

Tapi kalau Anda belum mendapatkan guru yang tepat, Entrepreneur.com, Senin (29/06/2015), memberikan 17 tips untuk memulai sebuah bisnis:

1. Tantang diri Anda

Miliarder asal Inggris, Richard Branson, pernah mengatakan motivasi terbesarnya adalah selalu menantang dirinya. Dia membuat hidupnya sebagai proses belajar tak berkesudahan.

2. Lakukan yang Anda sukai

Menjalankan usaha membutuhkan waktu. Pendiri Apple, Steve Jobs, menyadari satu-satunya jalan supaya hidup jadi lebih bermakna adalah dengan melakukan pekerjaan yang ia percayai.

3. Ambil risiko

Anda tidak akan pernah tahu apa hasil dari usaha Anda kecuali benar-benar melakukannya. Pendiri Amazon.com, Jeff Bezos pernah mengatakan, sangat membantu ketika ia tahu kegagalan bukan untuk disesali, tapi penyesalan akan datang kalau tidak mencoba melakukannya.

4. Percaya dengan diri sendiri

Henry Ford pernah mengatakan, “Apapun yang Anda pikir bisa atau tidak bisa, Anda pasti benar.” Percayalah Anda pasti bisa sukses dan semua tantangan dapat teratasi. Kalau Anda tidak melakukannya, maka yang Anda dapatkan hanya alasan.

5. Milikilah visi

Pendiri dan CEO Tumblr, David Karp, menyadari kalau seorang entrepreneur adalah orang yang memiliki visi atas sesuatu. Selain itu, entrepreneur harus memiliki hasrat untuk mewujudkan visinya.

6. Carilah orang-orang baik

Siapa yang bersama Anda membentuk diri Anda. Salah satu pendiri LinkedIn, Reid Hoffman, mengatakan, cara mengubah diri Anda adalah dengan bergaul dengan orang-orang yang tepat.

7. Hadapi ketakutan Anda

Hal ini tidak mudah, tapi harus dilakukan. Arianna Huffington, pendiri Huffingtonpost.com, pernah berkata ia menemukan keberanian seperti otot. Semakin dilatih, semakin membuatnya kuat.

8. Ambil tindakan

Dunia penuh dengan ide besar, tapi sukses hanya datang melalui tindakan. Walt Disney mengatakan, cara termudah memulai usaha adalah dengan berhenti bicara dan mulai melakukan sesuatu.

9. Investasikan waktu

Kesuksesan tidak datang dalam sekejap dan semua orang sukses pernah menjadi pemula. Steve Jobs pernah berkata, jika Anda melihat dari dekat, keberhasilan datang dari waktu yang lama.

10. Mengelola energi, bukan waktu

Energi Anda terbatas sehingga waktu pun tidak banyak. Kelolalah dengan bijaksana.

11. Bangun tim yang hebat

Tidak ada yang berhasil membangun bisnis sendirian. Bangunlah tim yang hebat supaya dapat meningkatkan keberhasilan Anda.

12. Rekrutlah karakter

Saat membangun tim, Anda sebaiknya merekrut karakter dan nilai hidup. Anda selalu dapat melatih karyawan soal ketrampilan. Tapi Anda tidak dapat mengubah nilai-nilai hidup seseorang agar sesuai dengan visi perusahaan.

13. Rencanakan peningkatan modal

Pengusaha Richard Harroch punya saran untuk para pengusaha. “Meningkatkan modal hampir pasti lebih sulit dari yang Anda kira dan membutuhkan waktu lama. Jadi, rencanakan dengan baik,” kata Harroch.

14. Belajarlah dari kesalahan

Banyak pengusaha menunjuk kesalahan sebagai guru terbaik mereka. Ketika belajar dari kesalahan, Anda bergerak lebih dekat untuk sukses.

15. Ketahui pelanggan Anda

Dave Thomas, pendiri waralaba Wendy’s, mengatakan, mengetahui pelanggan sebagai salah satu dari tiga kunci sukses. Anda sebaiknya tahu cara melayani yang lebih baik pelanggan Anda dibandingkan orang lain supaya bisa memberikan solusi yang terbaik.

16. Belajar dari keluhan pelanggan

Pendiri Microsoft, Bill Gate pernah berkata, pelanggan paling tidak bahagia adalah sumber pembelajaran terbesar Anda. Biarkan para pelanggan ini memberi tahu di mana kesalahan pelayanan usaha Anda.

17. Memberikan lebih dari yang diharapkan

Pendiri Google, Larry Page, mendorong pengusaha untuk memberikan lebih dari yang pelanggan harapkan. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pelanggan setia. (liputan6)

News Feed
Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Foto: Otomotif

BMW X5 M dan BMW X6 M Dirilis, Fiturnya Lebih Beragam

Ilustrasi. Net

Wow.! Nomor Cantik Ini Dijual Rp 100 Juta

Related posts

Komentar