18:11 WIB - 21 February 2018

1 Kwintal Daging Busuk Siap Edar Ditemukan di Cilegon

369 Dilihat Riko Budi Santoso 0 respond
Foto: ilustrasi
Foto: ilustrasi

BERITATEN.COM - Aksi penjualan daging busuk yang dijual para pedagang nakal untuk dicampur dengan daging segar di wilayah pasar Kota Cilegon akhirnya terungkap oleh Disperindagkop Banten, bersama Distanak Banten, serta Disperindagkop Cilegon dan Disperla Kota Cilegon saat melakukan sidak gabungan di Pasar Kelapa Blok F Kota Cilegon, Selasa 16 Januari 2015.

Terbongkarnya penjualan daging busuk di pasar blok F ini bermula ketika petugas dari Balai Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner dari Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten melakukan penggeledahan pada sejumlah box penyimpanan daging. Sekira satu kwintal daging busuk milik pedagang di Pasar Kavling Blok F ini langsung dilakukan pengujian sampel kelayakan daging.

Alhasil, Dokter Hewan Distanak Provinsi Banten, Jajang Deni mengatakan, diperkirakan daging busuk tersebut sudah berumur lebih dari lima hari sehingga tidak layak konsumsi dan daging yang telah tersimpan rapih tersebut sudah tidak layak jual karena telah berubah menjadi bangkai.

“Ini kita tidak lakukan penyitaan tetapi sudah saya imbau agar daging busuk tersebut segera ditarik dari peredaran dan tidak boleh dijual kepada masyakarat,” katanya.

Sementara itu, Kasubag TU UPTD Pasar Blok F Kota Cilegon, Siti Rogayah mengaku tidak tahu adanya peredaran daging busuk di pasar yang dikelolanya. Rogayah mengatakan, selama ini pihaknya sudah melakukan pengawasan dan memberikan himbauan kepada para pedagang agar tidak berbuat curang dalam usahanya. Terlebih agar tidak merugikan kepada kesehatan pembeli dan masyarakat.

“Saya rasa itu daging busuk tidak untuk diperjual belikan ataupun dicampur kepada daging segar. Itu sih hanya sisa daging yang untuk diberikan pangan di peternakan ikan,” katanya.

Kepada Masyarakat Rogayah mengimbau untuk waspada dan teliti dalam memilih daging yang akan dikonsumsi menjelang bulan Ramadhan. Dengan adanya pengawasan keamanan terhadap produk hewan ini diharapkan dapat memberikan perlindungan dan menjamin keamanan masyarakat dalam membeli daging di Pasar Blok F untuk dikonsumsi masyarakat. (BCO)

Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Foto: Mahadana

Kompak Turun, Ini Harga Emas Global dan Domestik

Foto: Tempo.co

PT ASDP Merak Berlakukan Perbedaan Tarif Mudik Siang dan Malam

Related posts

Komentar