22:54 WIB - 20 May 2018

Dari Ketidaksengajaan, Astronom Akhirnya Menemukan PLanet Baru

369 Dilihat Angga Wijaya 0 respond
planet baru

BERITATEN, Tim astronom menemukan objek antariksa yang paling jauh di dalam sistem tata surya. Jaraknya sekitar 100 kali lipat dari Bumi ke Matahari. Adalah planet kerdil V774104, tim peneliti masih memelajari orbitnya agar bisa mengamati lebih dalam.

Awalnya, seorang astronom bernama Scott Sheppard dan timnya sedang menggunakan teleskop Subaru di Hawaii untuk memburu objek jauh yang mengorbit Matahari.
Dikutip dari CNN News dan Situs NPR, “secara umum kami hanya iseng mengamati objek-objek di sana, tapi belum tahu mereka ini apa,” ucap Sheppard.

“Planet kerdil V774104 bisa dibilang tiga kali lipat jaraknya antara Pluto dan Matahari,” katanya lagi. Atau sama saja 100 kali lipat dari Bumi ke Matahari. Sebagai bayangan, jarak Bumi ke Matahari adalah 149 juta kilometer.
Perlu diketahu, Planet yang diberi nama V774104 ini, Ukurannya lebih kecil dari Bulan. Banyak spekulasi yang menduga jika planet terbuat dari es. Namun Astronom masih penasaran bagaimana ia bisa berada di jarak yang sangat jauh Dari pusat peredarannya??

Muncul dugaan bahwa dulunya ada planet ganas yang terlempar dari sistem tata surya dini dan menyeret V774104.
“Jika sebuah planet raksasa terbentuk di tata surya dan terlempar ke luar, ia bisa menarik objek agar ‘ikut’ dengannya dan meninggalkannya di saat ia bergerak pergi,” jelas Sheppard.

Dugaan kedua, planet kerdil ini juga memungkinkan terbentuk dari sistem bintang lain dan berakhir berada di sekitar Matahari di Bimasakti.
Tim Sheppard masih mencoba melakukan observasi terhadap orbit planet kerdil ini. Menurutnya, V774104 akan menjadi objek menarik mau seperti apapun nanti temuan orbitnya.(*)

Penulis
Adji Ramadhan

News Feed
Don't miss the stories followBeritaTen.com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Relawan Banten saat membawa bantuan

Peduli Lingkungan, Komunitas se-Banten Bantu Korban Asap

Ilustrasi kerja dikantor.
GoogleImage

Ini 5 Manfaat Tiba Di Kantor Lebih Awal.

Related posts

Komentar